Menahan “Gempuran” Auto Download dari WhatsApp


Leemindo.com WhatsApp menjadi aplikasi andalan saya dalam berkomunikasi melalui handphone. Jadi jangan heran jika saya begitu cepat membalas sapaan teman-teman dari WhatsApp dan agak lambat jika dari aplikasi lain bahkan hingga berhari-hari. Hahaha. Saya bergabung hampir di 30 grup aktif di WA yang rata-rata anggotanya 50 - 160-an. Tujuannya adalah menambah teman dan informasi dari berbagai kalangan. Ada grup yang berisi teman-teman sekolah (grup-grup alumni), komunitas yang saya ikuti dan beberapa grup yang berisi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pemerintah daerah hingga tokoh-tokoh inspiratif dan berprestasi di Kota Pontianak. Well, dengan banyaknya komunikasi yang terjadi setiap harinya, saya harus memberikan ruang pada smartphone ini untuk menampung gempuran-gempuran gambar/ foto dari seluruh grup.

Kadang foto-foto tersebut saya simpan karena berisi quotes atau meme-meme yang menggelitik. Pastinya akan jadi senjata saya buat dikirim ke grup sebelahnya. Haha. Namun ada beberapa teman yang agak risih dengan banyaknya gambar yang masuk. Bukannya mencari cara mematikan auto download, malah ada yang keluar dari grup karena hal itu. Hadeh. 

Banyak sekali caranya di internet jika kita rajin mencari tahu. Saya hanya membantu merangkum dari beberapa orang yang bertanya caranya dan semoga bermanfaat.

Aplikasi WhatsApp Saya menggunakan Bahasa Inggris. Bahasa lain silahkan menyesuaikan. Yang pakai bahasa India dan Turki, saya salut dengan Anda. Berarti anda kekinian. Huahaha.

1. Buka WhatsApp -> tekan Tombol titik 3 di pojok kanan atas -> pilih Settings

2. Pilih Data Usage

3. Perhatikan pada MEDIA AUTO-DOWNLOAD

4. Klik When Using mobile data dan When connected on Wi-Fi untuk menentukan mana saja yang ter-download otomatis. Kosongkan semua jika tidak ingin mengunduh otomatis. Silahkan atur sesuai keperluan. Selanjutnya tekan OK 

5. When Roaming perlu diatur hanya jika kita sering bepergian ke luar negeri. Jika tidak pernah, bersabarlah. Semua akan indah pada waktunya. Ups. Wkwkwk.Nah, jika sudah melakukan hal-hal tadi, maka dengan demikian amanlah memori penyimpanan anda dari gempuran gambar di WhatsApp dan hanya akan masuk ketika kita menyetujuinya saja.
Tetap jadikan telepon pintar anda sebagai (salah satu) sarana menjaga komunikasi, silaturahim dan berbagi informasi yang bermanfaat. Bagi saya, semakin banyak grup akan semakin banyak informasi yang bisa kita dapatkan. Siapa tahu dari banyaknya informasi tersebut ternyata menambah pintu rezeki buat kita bahkan ketemu jodoh lewat grup WhatsApp. Nah.. :)

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com