7 Kenyamanan Menggunakan WhatsApp sebagai Aplikasi Chatting


aplikasi, android, whatsapp, tutorial, chatting, keunggulan whatsapp

Leemindo.com Siapa yang saat ini tidak menggunakan aplikasi chatting pada androidnya untuk berkirim pesan? Saya pribadi merasakan kenyamanan menggunakan aplikasi chat dibandingkan dengan SMS. Selain tidak menggunakan pulsa (hemat pangkal kaya raya sejahtera), aplikasi chat juga dapat memberikan anda bebas berekspresi menggunakan gambar, emoticon dan lain sebagainya.
Dari sekian banyak aplikasi yang ada, hingga saat ini saya memilih WhatsApp sebagai andalan dalam berkirim pesan. Ada beberapa kelebihan/ kenyamanan yang saya rasakan menggunakan WhatsApp dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Berikut rangkumannya:
.
1. Simpel
WhatsApp adalah aplikasi yang simpel baik itu dari tampilan, juga fiturnya sehingga tidak berat ketika digunakan. Beberapa cara pengaturan pemakaian pun tidak ribet dan gampang ditemukan. Misalnya untuk men-silent-kan beberapa chat/ grup, anda tinggal menekan beberapa detik pada Grup/ Chat yang ingin diatur, akan muncul tools SILENT di pojok kanan atas. Begitu pula untuk menghapus beberapa chat. Beberapa pengaturan lainnya juga gampang untuk ditemukan. 


2. Bebas Iklan dan Recent Update
Beberapa aplikasi lain saat ini sudah dipenuhi dengan iklan. Ada iklan yang masuk pada recent update bahkan ada yang bisa meng-invite kita secara personal. Ini mengakibatkan aplikasi menjadi berat dan terlihat sesak. Adanya iklan juga akan sedikit menambah beban kuota data pada smartphone. Aplikasi lainnya juga menyediakan fitur Recent Update, dimana para penggunanya dapat menyampaikan informasi tentang keberadaan mereka, keluh kesah, curhat bahkan ada yang menjadikan fitur “update status” ini untuk perbuatan yang kurang enak dibaca seperti sindiran, dan sebagainya. Ckckck. Hal ini juga akan memakan perasaan kuota dan memberatkan aplikasi.
.
3. Tidak Menyediakan Game 
Nah, ini adalah salah satu yang membuat saya menyukai WhatsApp. Aplikasi ini tidak menyediakan Game untuk penggunanya. Sebagai orang yang tidak terlalu suka fanatik dengan game, pastinya ini sebagai kenyamanan bagi saya karena tidak akan menerima “sampah” ajakan bermain game atau gift-gift yang membuat penuh chat anda.
.
4. Hemat Kuota 
Ya! Bebas iklan, recent update, game dan lainnya membuat WA sangat irit dalam memakan paket data seluler anda. Cepat kaya, biar cepat naik Haji. Aamiin. 

5. Sinyal Stabil dan Cepat dalam Berkirim Pesan
Ketika kita menemukan area sinyal yang tidak stabil, aplikasi ini jarang sekali terganggu dengan keadaan tersebut. Berbeda halnya dengan aplikasi lain. Beberapa aplikasi akan muncul pemberitahuan seperti limited access, no connectivity, not connected, dan lainnya.
Untuk mengirim gambar dan foto, audio, video, location, WhatsApp termasuk aplikasi yang direkomendasikan untuk anda.
.
6. Quote Reply dan Formatting Text dalam Percakapan
Ini cukup membantu dalam percakapan terutama quote reply. Kita pasti pernah bertanya sesuatu di grup dan tiba-tiba ada yang menjawab agak ngawur. Ternyata dia menjawab pertanyaan lainnya pada grup tersebut. Nah lho. Dengan adanya fitur Quote Reply, kita dapat mengetahui dan memilih pertanyaan atau chat mana yang akan kita balas ketika grup tidak terkontrol percakapannya.
.
Selengkapnya: Quote Reply pada WhatsApp
 
Formatting Text (Bold, Italic, Strikethrough) dapat anda baca di artikel di bawah ini.
Selengkapnya: Bold, Italic, dan Strikethrough pada WhatsApp

7. Silent Group

Ketika anda memiliki banyak grup dan sangat aktif, anda bisa mengontrol notifikasi grup tersebut dengan menekan agak lama pada grupnya, akan muncul tombol SILENT di pojok kanan atas. Dengan demikian, anda tidak perlu keluar dari grup dan akan menghemat penggunaan baterai smartphone anda. Anda tetap mendapatkan informasi dari grup tersebut, hanya saja anda tidak menerima pemberitahuan.

Ini adalah beberapa kenyamanan yang saya rasakan ketika memerlukan fitur chatting yang simpel, stabil, dan tidak banyak gangguan (game, recent update, sticker, dll) ketika berkomunikasi. Silahkan sesuaikan kebutuhan anda dalam berkirim pesan melalui perangkat android anda. Begitulah kura-kura.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com