Menjaga Komunikasi dengan WhatsApp dan LINE via Laptop

whatsapp, LINE, whatsapp for pc

Leemindo.com Dan terjadi lagi.. kisah lama yang terulang kembali.. dan terlupa lagi...

Ini adalah sepenggal lirik yang cocok untuk saya karena sudah melakukan hal yang sama sebanyak 3x dalam sebulan. Hahaha.. Apa itu? Yaa, ketinggalan separuh jiwa ketika bepergian. Smartphone!  

Mungkin bukan hanya saya yang panik atau gelisah ketika ketinggalan smartphone. Kita semua pasti lebih memilih ketinggalan barang lainnya daripada melupakan barang ini ketika bepergian, kan? Hayo ngakuu.. Banyak hal yang akan terjadi ketika ketinggalan benda primer ini. Badan meriang, kurang konsentrasi, lemas lunglai dan terlihat tidak ada harapan untuk hidup. Hahahaha. Ya iyalah, ketika anda singgah di suatu tempat, 80% yang akan anda keluarkan dari tas anda adalah ...... Isi sendiri (bagi yang jomblo). Yang berpasangan silahkan isi jawaban ini berdua, biar romantis. 

Pastinya komunikasi kita akan sangat terganggu apalagi ketika banyak janji untuk bertemu relasi pada hari itu dan kita sudah berada jauh dari tempat HP tertinggal. 

Nah, dari tiga kali insiden ketinggalan HP tersebut, Alhamdulillah saya tidak pernah mengalami gangguan dalam berkomunikasi. Saya termasuk orang yang selalu membawa laptop kemana pun saya pergi. Saat ini saya sudah jarang menggunakan fasilitas telepon dan SMS. Semua komunikasi sudah pindah ke aplikasi-aplikasi chatting. Anda juga bisa call via LINE, WhatsApp dan sejenisnya.
.
WhatsApp adalah aplikasi chat utama saya. WA juga salah satu aplikasi yang bisa digunakan pada PC atau laptop. Ketika saya berada dalam aktivitas online di depan laptop, smartphone akan menganggur sementara dari chat via WA. Mereka akan terkoneksi satu sama lain asalkan smartphone dalam kondisi aktif baik itu dari tenaga baterai maupun paket internet pada seluler.
Untuk menjaga komunikasi tetap jalan ketika ketinggalan HP, maka pasanglah aplikasi WA di laptop anda. Ketika smartphone ketinggalan, komunikasi via WA tetap lancar jaya. Hidupkan laptop anda (dengan koneksi internet tentunya), log-in semua aplikasi chat yang terpasang pada laptop.

Cara memasang aplikasi via laptop ini pun tidaklah susah. Anda tidak perlu menggunakan bluestacks dan sejenisnya. Berikut caranya:

Persyaratan minimum yang harus dipenuhi untuk dapat menikmati WhatsApp Web
  • Anda harus memiliki sebuah akun WhatsApp aktif pada telepon Anda.
  • Anda harus memiliki koneksi internet stabil baik pada telepon maupun komputer Anda.
  • Anda harus menggunakan versi terbaru Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge sebagai browser/ peramban pada komputer Anda.

1. Download WhatsApp for PC pada komputer atau laptop Anda. Klik disini DOWNLOAD
2. Buka WhatsApp pada telepon Anda.
3. Pada Android: Kunjungi layar Chatting > Menu > WhatsApp Web. Pada iPhone: kunjungi Pengaturan > WhatsApp Web

Tampilan saat membuka Menu WhatsApp Web di smartphone Anda
 
4. Pindai kode QR yang ditampilkan di layar komputer Anda dengan menggunakan telepon Anda.

Tampilan di Laptop Anda. Scan QR Code dari smartphone Anda
Scan QR Code
Dari telepon Anda, kunjungi WhatsApp Web untuk melihat komputer aktif atau untuk keluar dari sebuah sesi aktif WhatsApp Web.
 
WhatsApp Web siap digunakan
Catatan: Untuk menghindari biaya ekstra karena penggunaan data pada telepon Anda, saya merekomendasikan Anda untuk selalu terhubung ke jaringan Wi-Fi saat menggunakan WhatsApp Web.

Selain WhatsApp, LINE juga sangat gampang untuk dipasang di laptop. Keunggulan LINE, anda hanya cukup log-in menggunakan akun LINE yang sama tanpa terkoneksi dengan aktifnya aplikasi ini di smartphone anda. Sedangkan WA, mengharuskan smartphone anda dalam keadaan hidup baik itu dari segi perangkatnya maupun paket datanya. Ketika baterai HP anda lemah pun, aplikasi WA di laptop akan memberikan laporan low battery tersebut.

Saat ini, saya hanya meng-install LINE dan WhatsApp di laptop. Karena WA adalah aplikasi yang paling sering saya gunakan untuk berkomunikasi, LINE hanya sebagai pelengkap ketika terdesak. Mungkin akan saya gunakan ketika tiba-tiba paket atau baterai di smartphone yang ketinggalan habis (WhatsApp di laptop akan otomatis terhenti juga). LINE akan menjadi solusi berikutnya untuk menjaga komunikasi tersebut.

Ketika Smartphone kehabisan baterai atau koneksi, WhatsApp Web akan terputus
Bagaimana dengan BBM? Bagus sekali pertanyaannya. Oke saya jawab.

Hingga saat ini, Blackberry Messenger (BBM) masih menggunakan bluestacks untuk pemasangan via PC/ laptop. Ini agak ribet menurut saya. Jadi, saya tidak memiliki BBM versi laptop. Saya pun belum menemukan solusi yang simpel untuk pemasangan aplikasi ini. Anda bisa cari di toko sebelah untuk tutorialnya ya. Hihihihihi. Ketawa Mak Lampir mode on.

Demikianlah hal yang bisa saya bagikan kali ini untuk anda yang suka meninggalkan smartphone baik itu tanpa disengaja maupun yang sudah menjadi salah satu hobi melebihi kesukaan anda terhadap futsal, bulutangkis, stalking Instagram gebetan, ataupun bermain LINE Getrich. Masih bingung?

Silahkan cek darah anda.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com