Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Membuat Video Digital

loop, video digital, raditya dika

Belajarlah dari Kesalahan
“Belajarlah dari Kesalahan” adalah sebuah nasihat yang sering diucapkan supaya kita gak ngulangin kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Manusia emang tempatnya lupa dan salah. Ngomong-ngomong tentang kesalahan, kali ini ada tips yang keren banget tentang Kesalahan yang sering dilakukan ketika membuat video digital”. Gak tanggung-tanggung, yang nge-share tips ini adalah Raditya Dika, orang yang emang ahlinya dalam hal pembuatan video digital. Sudah banyak film yang dibuat Bang Radit, baik sebagai pemain maupun sebagai sutradara. Karya-karyanya pun selalu mendapat tempat di hati para penggemar perfilman tanah air.

Nah, apa aja sih kesalahannya? Berikut beberapa kesalahan yang sering dibuat ketika membuat video digital ala Raditya Dika:

1. Tujuan pembuatan video gak jelas
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang ketika pertama kali bikin video adalah gak tau tujuan bikin video itu untuk apa. Banyak orang yang bikin video digital karena ikut-ikutan trend. Mereka bikin video digital karena orang lain banyak bikin video digital. Nah oleh sebab itu, tentukan dulu untuk apa kalian membuat video digital. Jika tujuan kalian udah baik, maka video digital yang akan kalian buat juga akan baik sesuai dengan tujuan awal kalian membuat video digital. Jadi intinya jangan sekali-kali membuat video digital tanpa tujuan yang jelas.

2. Asal ngambil lokasi
Kenapa kita harus memperhatikan lokasi? Karena lokasi salah satu komponen yang penting dalam pembuatan video digital dan lokasi pengambilan gambar akan muncul dalam video digital yang kita buat. Kalau kita tidak punya budget untuk sewa lokasi, kita tinggal pinter-pinter aja cari lokasi yang sepi dan cocok untuk naskah yang kita buat. Kita juga bisa pinjem rumah teman yang kira-kira sesuai dengan latar yang ada pada naskah yang kita buat. Ide yang brilian dan naskah yang keren akan rusak jika lokasi pengambilan gambar cuma seadanya. So.. Pinter-pinter aja nyari lokasi supaya video digital yang kita buat makin keren.

3. Kualitas audio gak diperhatikan
Kadang kita lupa kalau faktor yang paling berpengaruh pada kenikmatan orang menonton video digital adalah suara, oleh sebab itu namanya audio video. Jadi pastikan kalian memperhatikan kualitas audio ketika pengambilan gambar. Jika dirasa audio yang dihasilkan dari rekaman kalian kurang bagus, pastikan kalian merekam audionya dengan baik dan menggabungkannya pada saat editing. Ga perlu menggunakan alat yang canggih, kalian bisa gunakan Handphone untuk merekam audio pada saat pengambilan gambar.

4. Minim improvisasi
Kebanyakan kita terlalu sayang pada naskah sehingga pemain minim improvisasi. Jadikan naskah hanya sebagai acuan supaya video yang kita buat tidak melenceng dari tujuan awal kita membuat video digital. Biarkan pemain bebas berimprovisasi dan berkreasi. So... Lepaskan dan bebaskan diri kalian pada hal-hal kreatif yang bisa muncul kapan saja.

5. Tidak bisa menerima kritikan
Kesalahan terakhir yang sering dilakukan ketika pembuatan video digital adalah terlalu sayang sama hasil sehingga kita gak mau menerima kritikan. Padahal dengan ada kritikan kita bisa tahu kesalahan apa yang telah kita buat. Terima saja kritikan itu, dan bikin perbaikan untuk karya kita berikutnya. Jadi.. berani berkarya, berani untuk dikritik dan terus konsisten untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang sering dibuat ketika kita membuat video digital. So.. untuk kalian yang baru mulai belajar membuat video digital, segera mulai berkarya dan jangan lakukan lima kesalahan yang ada di atas. Terus supaya video kalian gak cuma di tonton sendiri, kalian bisa upload video kreatif kamu di channel.loop.co.id. LOOP channel merupakan portal tempat anak-anak kreatif mencurahkan karyanya yang bisa banyak menginspirasi banyak orang dalam bentuk video. 

Disini kamu bakal nemuin banyak video yang keren-keren dengan topik yang kita banget. Selain itu di LOOP channel kamu juga bakal nemuin video-video dari event yang pernah diadakan oleh LOOP. Di web ini juga kalian bisa nemuin video Raditya Dika mengenai kesalahan dalam pembuatan video digital. Jadi kalau kalian pengen nonton video-video keren karya anak-anak muda kreatif, pantengin aja channel LOOP.

Demikianlah yang bisa kita bagikan ke teman-teman tentang Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Membuat Video Digital. Mari berkarya sekreatif mungkin dan ditunggu video-video keren kamu di LOOP Channel ya!

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com