Isu "Palu Arit" pada Uang Seratus Ribu Rupiah Hanya Hoax


Ciri-ciri uang kertas Rp 100.000 TE 2014


Leemindo.com Media sosial adalah salah satu cara tercepat untuk menyebarkan informasi baik yang benar maupun yang tidak. Tidak mengherankan ketika sebuah informasi yang belum tentu kebenarannya tiba-tiba sudah menjadi viral di dunia maya karena sangat cepat menyebar melalui media sosial. Saya merasa penasaran ketika mendapat beberapa informasi tentang pecahan seratus ribu rupiah yang “katanya” mengandung lambang Palu Arit. Dari berbagai sumber, saya kumpulkan beberapa penjelasan dalam bentuk tulisan dan gambar. Semoga dapat memberikan penjelasan dan meluruskan informasi yang beredar saat ini. Mari gunakan sosial media sebagai sarana menyebar informasi yang bermanfaat. 

Bapak Ibu dan sahabat sekalian...

Sehubungan dengan beredarnya informasi di medsos tentang uang kertas pecahan Rp 100000 tahun 2014 yang mempunyai tanda/ gambar "Palu Arit", perkenankan kami menyampaikan penjelasan sebagai berikut:

Pada setiap uang kertas Rupiah yang masih berlaku (mulai pecahan Rp 1.000,- s.d. Rp 100.000,-) terdapat Unsur Pengaman yang disebut sebagai RECTOVERSO atau GAMBAR SALING ISI.

Rectoverso pada uang kertas Rupiah dapat dilihat pada bagian depan uang di sudut kiri atas di bawah angka nominal & pada bagian belakang uang di sudut kanan atas di bawah nomor seri.
Rectoverso adalah suatu teknik cetak khusus pada uang kertas dimana pada posisi yang sama & saling membelakangi di bagian depan dan bagian belakang uang kertas terdapat suatu ornamen khusus seperti gambar tidak beraturan. Namun demikian apabila Rectoverso pada uang kertas diterawang ke arah cahaya maka akan terbentuk suatu gambar yang beraturan.

Rectoverso pada seluruh uang kertas Rupiah
Pada setiap pecahan uang kertas Rupiah, Rectoversonya membentuk ornamen lambang "BI" (singkatan dari Bank Indonesia). Sejauh ini Rectoverso adalah unsur pengaman yang sulit dipalsukan.
Selain digunakan pada uang kertas Rupiah, unsur pengaman Rectoverso juga digunakan oleh banyak negara, seperti :
- uang kertas Malaysia Ringgit (membentuk ornamen bunga); dan
- uang kertas Euro (membentuk ornamen nilai nominal).
Dgn demikian Rectoverso pada bagian belakang uang kertas Rupiah tahun 2014 adalah TIDAK BENAR merupakan ornamen/ lambang "Palu & Arit".
Jadi, jangan khawatir dengan uang Rupiah kita ya 😀 😊
Salam hangat,
Bank Indonesia
Sumber: Status Facebook Trisna Handayani

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com