USB OTG SanDisk, Solusi untuk Menghindari Kehilangan Data


Entah apa yang merasukimu hingga kau tega mengkhianatiku yang tulus menyimpanmu...

Loh, kok kalian bacanya sambil nyanyi? | Ini 'kan lirik lagu yang lagi viral itu. | Siapa bilang? Ujungnya beda lho

Leemindo.com Tolong yang bacanya sambil nyanyi, kedua tangannya dikondisikan. Saya tahu tangan kelen lagi gerak-gerak. Ibarat file yang sudah kepalang disimpan dan lagi sayang-sayangnya, tiba-tiba raib! Terasa gemuruh petir datang membuat dada berdegup, sambaran kilat membuat suasana semakin horor. Foto kesayangan yang sudah disimpan untuk cadangan gonta-ganti profil pictures, hilang karena memori error!

Menurut survei oleh DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp. berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, memori error/ malfungsi adalah salah satu penyebab hilangnya file di smartphone yang kita miliki. Sebanyak 22% responden mengalaminya.


Saat ini, smartphone memang menjadi barang primer dalam segala hal aktivitas keseharian kita. Bahkan menyimpan file pun sudah menggunakan smartphone. Kita lebih memilih terlambat ke kantor/ kampus karena kembali ke rumah daripada seharian tak bersamanya. Uhuy!

Fitur yang paling sering digunakan tentunya adalah pengambilan gambar. Mau makan, foto dulu; mau kerja, foto dulu; ada kebakaran, ya hubungi pemadam kebakaran. Haha!

Saya memiliki memori internal sebesar 64GB dan eksternal 128GB. Tapi kok masih kurang ya? Ya! Karena semakin besar memori yang kita miliki, semakin malas kita untuk membersihkan cache, file-file tidak penting yang datang dari whatsapp (gambar & video yang auto-download), bahkan foto yang blur pun tetap tersimpan. Hayo ngaku aja!

Smartphone pertama saya dulunya hanya memiliki kapasitas memori sebesar 16GB. Setiap malam sebelum tidur, saya sangat rajin menghapus foto, video yang otomatis masuk dari Whatsapp. Sekarang? Malas ah, memori gede kok!

Secara umum masyarakat Indonesia memiliki memori internal 16-32 GB. Ini dibuktikan oleh survei Western Digital yaitu sebesar 30% responden menggunakan kapasitas 16GB dan 26% memiliki memori 32GB. Tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah. Survei juga membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Kapasitas terbatas ini menyebabkan mereka terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanannya.

Lama-kelamaan kita akan sadar bahwa memori tersebut akhirnya penuh juga! Rasa khawatir akan kehilangan file tersebut juga pasti ada mengingat semakin lama kinerja memori penyimpanan bisa saja akan semakin menurun. Munculnya notifikasi kepenuhan memori hingga virus yang tak sengaja masuk ke dalam smartphone akan membuat kita semakin was-was kehilangan data-data penting.

Gimana nih solusinya? Daripada #DibuangSayang, mendingan di-back-up di USB OTG #SanDiskAPAC

Selama ini saya mem-back-up data di memori smartphone yang hampir penuh ke PC. Video merupakan file terbesar yang sangat banyak memakan memori. Untuk memindahkannya tentu agak ribet karena menggunakan USB. Tidak mungkin juga bisa memindahkannya ketika berada di luar rumah. Gak mungkin PC-nya dibawa kemana-mana 'kan?

Nah, solusinya adalah USB OTG SanDisk. Tanpa mencari kabel tambahan atau menunggu pulang ke rumah, si mungil ini cukup disambungkan pada perangkat ponsel. Transfer File - Eject - BERES.

Perangkat kecil namun membuat kerja kita menjadi mudah dalam pindah memindah data ini memiliki berbagai variasi dari masalah model, harga hingga kapasitas penyimpanannya. Kita bisa berselancar ke Official Store SanDisk di Shopee untuk melihat ragam produk lebih lengkap.


Mengapa Harus USB OTG SanDisk?

SanDisk merupakan merk dagang yang telah dikenal kompeten dalam memproduksi berbagai media penyimpanan. USB OTG SanDisk bisa menjadi solusi dari produksi terbaik pada sisi kualitas, ketahanan dan beberapa keunggulan lainnya seperti kecepatan pemindahan data hingga 150MB/detik. Dari segi ketahanan body, meskipun mungil tetapi USB OTG SanDisk termasuk perangkat yang cukup kokoh dan desain yang unik. Perangkat ini juga memiliki kapasitas memori hingga 128GB. Yang paling penting adalah bahwa USB OTG SanDisk kompatibel untuk semua perangkat. USB OTG Sandisk 3.0 dapat bekerja langsung pada perangkat manapun, baik itu Windows Vista, Windows 7, Windows 8 hingga Mac OS 10.6.

CONVERSATION

4 komentar:

  1. Ini nih baru bener, "kecil-kecil cabe rawit, biar kecil tapi menggigit". Ingin kusegerakan beli OTG SanDisk! Thanks jugs untuk mimin infonya guna parah ;)

    BalasHapus
  2. bener banget jangan sampe data ilang, jadi buat jaga2 kudu sering back up, dan enak banget backup pake sandisk otg, tinggal colok hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Gak perlu buka laptop, pake kabel. Ih ribet ya. Klo sandisk tinggal colok aja, beres dah. Haha

      Hapus

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com