Astra Honda Rangkul SMK dalam Program Pendidikan Satu Hati


Perkuat Program Pendidikan, AHM dan Astra Motor Resmikan Tempat Uji Kompetensi SMK TSM Astra Honda dan Melakukan MoU SMK TSM Astra Honda.

Leemindo.com PT. Astra Honda Motor (AHM) bersama Main Dealer Astra Honda Motor Pontianak meresmikan 2 SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK TSM Astra Honda dan melakukan MoU dengan 3 SMK TSM Astra Honda di wilayah Kalimantan Barat sebagai bentuk penguatan Program Pendidikan Satu Hati yang diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda.

Saya menjadi salah satu perwakilan Blogger Pontianak yang hadir pada acara peresmian yang dilaksanakan di MDTC (Main Dealer Training Center) pada Selasa, 20 Desember 2016 ini. Acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat (diwakili), Kabupaten Kayong Utara, Sambas, dan Sanggau.

Senior Manager Technical Training PT. Astra Honda Motor, Bpk. Handy Hariko mengatakan peresmian TUK SMK TSM ini merupakan salah satu bentuk peningkatan kualitas terhadap program SMK TSM Astra Honda sehingga para lulusannya bisa memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).
Photo by: Ahmad Qumayni
“SMK Negeri 1 Sintang dan SMK N 2 Pontianak yang sudah melakukan kerjasama melalui Program Binaan kini resmi menjadi SMK Pertama di Kalimantan Barat sebagai TUK SMK TSM Astra Honda. Kami akan terus mendorong SMK binaan Honda lainnya agar bisa segera menyusul menjadi TUK SMK TSM Astra Honda berikutnya,” ungkap Bpk. Handy Hariko.

Untuk menjadi TUK SMK TSM Astra Honda, setiap SMK binaan harus mengikuti standarisasi yang sudah ditetapkan oleh AHM, mulai dari ruang praktik, kelengkapan sarana laboratorium, unit sepeda motor yang bervariasi serta tools dan equipment yang lengkap sesuai dengan yang disyaratkan oleh AHM. Selain itu, keberadaan tenaga pengajar atau guru juga harus dipenuhi oleh SMK calon TUK.

Program SMK TUK ini juga sebagai program Link n Match antara dunia pendidikan dengan Industri dimana setiap lulusan SMK KTSM Honda akan mendapat kesempatan untuk langsung mengikuti seleksi dan bekerja di jaringan bengkel resmi Honda di Kalimantan Barat. Saat ini Astra Motor memiliki 89 Ahass (Bengkel Resmi Honda) dengan 377 tenaga mekanik terampil yang tersebar di seluruh Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan yang sama, AHM bersama Astra Motor Pontianak juga melakukan penandatanganan MoU implementasi Kurikulum TSM Honda dengan 3 SMK wilayah Kalimantan Barat yaitu SMK Negeri 1 Simpang Hilir (Kabupaten Kayong Utara), SMK Negeri 1 Selakau Timur (Kabupaten Sambas), dan SMK Negeri 1 Entikong (Kabupaten Sanggau). Untuk memudahkan implementasi Kurikulum TSM Honda di sekolah, 3 SMK baru binaan Honda ini akan mendapatkan satu unit sepeda motor, special tools, dan materi ajar dari Honda. Bantuan semacam ini juga sudah diberikan kepada seluruh SMK binaan Honda yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 11 SMK.

Untuk pengembangan Program Pendidikan Satu Hati melalui proses monitoring dan evaluasi yang efektif, pada tahun ini AHM juga membangun sistem database dan e-Learning khusus untuk mendukung implementasi Kurikulum TSM Honda di sekolah binaan. Sistem database baru ini akan menjadi sarana informasi dan update teknologi baru Honda yang bisa dimanfaatkan oleh para guru sebagai materi ajar kepada para siswa di masing-masing sekolahnya. Dengan e-Learning ini para guru dengan sangat mudah memperoleh materi-materi dan update teknologi Honda terbaru dengan cara mengunduhnya.
Program ini adalah solusi bagi lulusan SMK yang berprestasi untk mendapatkan lapangan pekerjaan setelah kelulusan dan mengembangkan keahliannya. Saya memberikan apresiasi yang tinggi untuk PT. Astra Motor Honda (AHM) dalam pengembangan Program Pendidikan Satu Hati yang diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda ini. Salam Satu Hati!
Bersama Bpk. Handy Hariko, Salam Satu Hati!


CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com