Mengatasi Masalah Thumbnail Gambar di Facebook, FACEBOOK OPENGRAPH DEBUGGER


Leemindo.com Ketika kita mendapatkan sumber berita atau artikel yang menarik di internet, kadang kita ingin sekali membagikannya melalui media sosial yang kita punya. Apalagi seorang blogger yang rajin menulis pada blognya. Setelah menulis pastinya kita ingin sekali membagikannya ke semua media sosial sehingga banyak yang membaca hasil tulisan kita. Gue banget. Hahahaha.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas sedikit kendala yang biasa terjadi pada proses membagikan sebuah link artikel di dinding facebook kita. Ini yang saya alami ketika ingin membagikan sebuah tulisan dari blog saya ke dinding facebook. Setelah capek mencari apa masalahnya, akhirnya ketemu juga. Ilmu ketahuan ini saya dapat dari si omgoegel, bukan mbah google, seorang blogger yang ternyata masih saudara kandung sama saya. xixixi. Akan saya bagikan hasil belajar dengan adik kandung ini kepada anda.

Masalah yang sering kita jumpai ketika mem-paste link pada dinding facebook, link yang bersangkutan tidak mengeluarkan thumbnail gambar dari postingan tersebut. Sebenarnya ini bukan masalah yang besar, tapi menurut saya agak sedikit kurang sedap dipandang mata sih, seperti memandang kamu saat belum mandi. Eeeaaaa... Hahahaha. Baper (Bawaan Laper).

Berikut contoh tampilan “masalah” yang seperti sayur tanpa garam tersebut:
Nah, jika thumbnail gambar tidak muncul, anda bisa gunakan layanan yang telah disediakan oleh facebook.

Silahkan klik disini. FACEBOOK OPENGRAPH DEBUGGER

Setelah halaman tersebut muncul, paste link artikel tersebut pada kolom seperti gambar di bawah ini:

Setelah itu, Klik Debug.

Jika berhasil, akan muncul penampakan seperti gambar di bawah ini.

Catatan: Jika belum berhasil juga, bisa klik SCRAPE AGAIN, hingga thumbnail-nya muncul. Jangan terlalu sering dipencet, nanti bisa makin banyak. Eh.. Itu Jerawat yaa..

Kembali ke facebook. Refresh facebook anda, dan masukkan kembali link tersebut pada dinding anda. Jika dinding facebook kamu terlihat kusam, segeralah diamplas dan dicat ulang.
Hasilnya akan seperti ini.


dan klik KIRIM. (Jangan lupa atur terlebih dahulu siapa saja yang ditandai (tag people), mengatur Location, dll sebelum klik KIRIM, jika diperlukan)


Yeahh.. Berhasil kan? Ternyata sangat simpel.


Terima kasih atas perhatiannya. ;) Silahkan ambil hikmahnya, dan buanglah rasa sakit hatinya.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com