Shopee, Top Brand Nomor 1 di Indonesia dan 7 Dunia Tahun 2019


Leemindo.com Semakin berkembangnya teknologi dan banyaknya layanan kemudahan untuk masyarakat Indonesia bahkan dunia, membuat pengembang teknologi dan pengusaha berlomba-lomba menciptakan pelayanan-pelayanan tersebut, salah satunya di bidang e-commerce.

Pengguna aplikasi e-commerce sudah sangat menjamur khususnya di Indonesia. Saat ini, untuk membeli kebutuhan harian saja, kita sudah tak perlu repot untuk keluar rumah. Cukup melalui smartphone, hanya dalam beberapa langkah, transaksi sudah bisa dilakukan. Apalagi sudah ada sistem kirim instan, dimana dalam beberapa jam saja pesanan sudah bisa sampai di tempat tujuan.

Shopee, Top Brand Nomor 1 di Indonesia
BrandIndex adalah platform pengukuran performa berbagai merek yang ada di pasar dari bermacam-macam sektor industri. Pengukuran dan informasi mengenai performa merek dilakukan secara terus menerus terhadap ribuan merek, dan platform ini diakses melalui dashboard secara online yang diperbarui setiap hari. Untuk analisa yang lebih detil, para pengguna yang telah berlangganan Brand Index dapat mengakses data profil responden. Untuk memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai tren ekonomi dan konsumen, HEAT (the Household Economic Activity Tracker) menyajikan indikator bulanan yang membahas kepercayaan dan daya beli konsumen.

Hasilnya, 2019 Buzz Ranking Indonesia diraih oleh Shopee. Shopee mengalahkan e-commerce lainnya di Indonesia bahkan melampaui perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Metode Penilaian:
717 merek di YouGov BrandIndex diberi peringkat menggunakan skor Buzz dengan cara memberikan pertanyaan kepada responden.
"Jika Anda pernah mendengar tentang merek dalam dua minggu terakhir, melalui iklan, berita, atau dari mulut ke mulut, apakah itu positif atau negatif?"
Skor bersih dihitung dengan mengurangi persentase respon negatif dari persentase respon positif untuk setiap merek. Bagan Peringkat Buzz menunjukkan merek-merek dengan skor Buzz rata-rata tertinggi antara 1 Januari dan 31 Desember 2019. Semua merek harus dilacak selama setidaknya 6 bulan untuk dimasukkan dalam peringkat, dan harus telah dilacak setidaknya selama 6 bulan pada periode tahun sebelumnya.

Top Brand Dunia, Shopee Berada di Peringkat 7


Pada Peringkat Top Brand Dunia, e-commerce yang identik dengan warna orange ini bercokol di peringkat 7 klasemen. Hanya dua perusahaan e-commerce yang masuk di 10 besar, yaitu Shopee di peringkat 7 dan Amazon berada satu strip di bawahnya. Dua perusahaan ini mengalahkan perusahaan-perusahaan raksasa di sektor lain.

Metode Penilaian:
Untuk menentukan 25 besar global, YouGov memberi nilai pada merek di 30 pasar dengan memberi nilai pada setiap merek berdasarkan penempatannya di setiap daftar 10 besar pasar. Merek pertama pada daftar mana pun menerima 10 poin sedangkan merek kesepuluh menerima satu poin. Merek-merek dengan poin terbanyak secara keseluruhan membentuk 25 teratas global.

Hanya pasar dengan lebih dari tiga sektor yang dilacak yang termasuk dalam 25 besar global, dan semua merek telah dilacak selama setidaknya 6 bulan untuk dimasukkan ke dalam penilaian.

Dengan hasil ini, shopee semakin mengukuhkan diri sebagai e-commerce terbaik di Indonesia pada tahun 2019. Seperti kita ketahui, sepanjang tahun 2019 shopee telah bekerja sama dengan selebritis dunia untuk membantu promosi dan memberikan berbagai macam keuntungan kepada para penggunanya.


Blackpink menjadi pilihan Shopee untuk menjajal pasar yang lebih luas mengingat girlband asal Korea ini memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia. Belum lagi selebritis tanah air seperti Slank, Via Vallen, dan Prilly Latuconsina.


Setelah itu, Shopee berhasil mengajak pesepakbola dengan follower Instagram terbanyak di Dunia, Cristiano Ronaldo untuk bersama-sama "Goyang Shopee". Pemain Juventus dengan segudang prestasi ini digaet untuk menjajal pasar Asia Tenggara dan Taiwan.

So, tidak heran kalau Shopee bisa meraih peringkat teratas di Indonesia, ya! Tahun 2020 ini, siapa lagi nih yang akan menjadi Brand Ambassador Shopee? Yang pasti bukan saya. Haha!

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com