Program Pendidikan Satu Hati, Bukti Kepedulian Astra untuk Kemajuan Bangsa


Leemindo.com Ketika membahas tentang generasi muda, saya langsung teringat dengan sebuah lagu yang sering dinyanyikan ketika manggung bersama teman-teman taZki Acapella.

"Masa muda, masa yang berapi-api yang maunya menang sendiri walau salah tak peduli, darah muda."

Ada yang sambil bernyanyi ketika membaca kutipan di atas?

Generasi muda adalah masa dimana mereka mulai menerka arah tujuan hidup ke depan. Di masa inilah segala pertaruhan masa depan dimulai. Akan menjadi salah satu dari dua sisi pilihan hidup, apakah pada bagian tak menyenangkan, atau menjadi sisi yang unggul.

Pada masa inilah mereka harus dirangkul dan diberikan bekal untuk menatap masa depan yang cerah. Mereka sudah harus ditempa supaya memiliki keahlian yang dimulai dari bangku sekolah.

PT Astra Honda Motor (AHM) adalah salah satu yang peduli dengan generasi muda dan menunjukkan komitmennya dalam menyiapkan mereka yang cerdas dan berdaya saing tinggi di industri otomotif Indonesia. AHM memberikan Program Pendidikan Satu Hati yang diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda bersama 648 SMK yang tersebar di 30 Provinsi. Dari sekolah-sekolah binaan AHM ini tentunya dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja.

AHM juga mengembangkan konsep Sekolah Menengah Kejuruan sebagai Tempat Uji Kompetensi yang berwenang untuk mengukur serta memvalidasi kompetensi siswa sebelum memasuki dunia industri. Tak hanya menyiapkan fasilitas belajar, AHM juga menyiapkan alat bantu untuk para guru dalam memberikan bimbingan terhadap muridnya dengan membangun sistem database dan e-Learning. e-Learning ini bisa dimanfaatkan oleh para guru sebagai materi ajar kepada para siswa di masing-masing sekolahnya karena menjadi sarana informasi dan update teknologi baru Honda yang bisa dimanfaatkan sebagai materi ajar kepada siswanya. Hanya dengan cara mengunduhnya, para guru akan dengan sangat mudah memperoleh materi-materi dan update teknologi Honda terbaru.

Dengan menerapkan kurikulum TSM Astra Honda di ratusan SMK yang tersebar di seluruh Indonesia ini jelas menunjukkan bahwa Astra terus berkomitmen untuk memperkuat pengembangan keahlian para penerus bangsa di masa mendatang. Jika program ini dikelola dengan baik, SMK binaan tersebut tentu mampu melahirkan generasi muda terampil yang dibutuhkan oleh industri otomotif tanah air.


Belum hilang dari ingatan ketika saya menjadi saksi komitmen Astra Honda Motor di tanah kelahiran. Tepatnya pada 20 Desember 2016 lalu, PT. Astra Honda Motor bersama Main Dealer Astra Honda Motor Pontianak meresmikan 2 SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK TSM Astra Honda dan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan 3 SMK TSM Astra Honda di wilayah Kalimantan Barat sebagai bentuk penguatan Program Pendidikan Satu Hati ini.

Dalam kesempatan itu, saya menjadi salah satu perwakilan Blogger Pontianak yang hadir pada acara peresmian yang dilaksanakan di Main Dealer Training Center. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat (diwakili), Kabupaten Kayong Utara, Sambas, dan Sanggau juga hadir di tengah-tengah peserta lainnya.

Program ini adalah solusi bagi lulusan SMK yang berprestasi untuk mendapatkan lapangan pekerjaan setelah kelulusan dan mengembangkan keahliannya. Saya memberikan apresiasi yang tinggi untuk PT. Astra Motor Honda (AHM) dalam pengembangan Program Pendidikan Satu Hati yang diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda ini. Salam Satu Hati!

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com