$180 Pertama dari UC We-Media


Leemindo.com Pertengahan tahun 2016 adalah momentum saya kembali ke dunia blogger. Setelah sekian lama berhenti menulis, akhirnya lahirlah leemindo.com pada Mei 2016. Leemindo menjadi nama pena saya di dunia blog. Meskipun awalnya nge-blog hanya untuk mencurahkan isi hati, ide, dan penyelesaian masalah, namun saya tidak bisa menghindari dari yang namanya dikasi uang. Beberapa bulan setelah Leemindo lahir, blog ini mulai mendapat placement dari brand-brand ternama. Saya pun kaget, ternyata mendapatkan uang dari blog itu caranya banyak sekali, bukan hanya dari google adsense.

Hingga saat ini memang tidak ada iklan adsense disini. Blog ini hanya menghasilkan uang atau barang hanya dari placement dan menang lomba karena saya tidak fokus untuk full-time mencari uang dari blog.

Awal Februari 2017, saya dikenalkan dengan sebuah platform We-Media yang memiliki sebuah aplikasi UC News di smartphone. Awalnya saya mengira beranda UC News hanya diisi oleh media-media online ternama di Indonesia, ternyata berita-berita yang ada juga merupakan hasil karya seperti wartawan independen hingga blogger.

Setelah mendaftar, hanya dalam hitungan 10 jam, Akun saya diterima. Leemindo pun bergabung menjadi penulis di We-Media.

Bonus Pengguna Baru
7 hari pertama, saya “ditantang” untuk mengejar $4,5 dengan cara membuat 1 artikel dengan 1000 view dalam 7 hari. Bagi saya ini tidak sulit karena sudah terbiasa di blog. Hehehe. Tapi ternyata, hingga hari ke-5 saldo saya masih 0 sedangkan teman-teman lainnya sudah terisi $4,5. Ternyata oh ternyata, saya belum mendaftar untuk mengikuti bonus $4,5 tersebut. Akhirnya di hari ke-5 saya menulis sekitar 6 artikel per hari hingga hari ke-7 untuk mengejar ketertinggalan. Hasilnya?? ZONK! 

Artikel hari ke-5 hingga ke-7 saya tidak ada yang terbit. Ada belasan artikel terpending/ belum disetujui sehingga saya tidak mendapat $4,5. Namun saya bisa melakukan monetisasi karena telah memenuhi 2 syaratnya; terdaftar 7 hari dan memiliki 1 artikel dengan 2000 view.

Akun Sudah Dimonetisasi


Ternyata dibalik kegagalan itu, ada hikmah besar yang saya dapatkan. Eeaaa... Belasan artikel tersebut diterbitkan oleh We-Media pada hari ke-8 (hari pertama setelah monetisasi). Saya semakin bersemangat ketika melihat saldo minggu pertama sebesar $48,44. Wow! Beberapa anggota Blogger Pontianak pun akhirnya ikut terjun ke UC News. Kami membuat sebuah grup UC News Pontianak di WhatsApp untuk berinteraksi. Minggu kedua, kami semakin gesit dalam menulis. Hasilnya lebih mencengangkan. Saldo saya bertambah $71,85 di minggu kedua. (Rekap penghasilan dilakukan setiap rabu atau selasa tengah malam). Total, saya memiliki penghasilan $121,79 hanya dalam waktu 2 minggu.


Ikutan Lomba Jagoan Nulis
Pada 12 Februari 2017 malam, salah satu anggota tim UC News Pontianak mendapat informasi mengenai cara mendaftar menjadi peserta lomba Jagoan Nulis dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Kami pun mendaftar malam itu. Kami hanya memiliki 6 anggota untuk ikut lomba tersebut. Buda’ Blogger, nama Komunitas Blogger Pontianak kami gunakan untuk nama tim, dan saya (Leemindo) menjadi kapten tim karena kebetulan juga saat ini menjabat sebagai ketua Buda’ Blogger.

Keesokan harinya, kami dibuat kaget ketika membuka platform. Buda’ Blogger nangkring di urutan 10, batas akhir yang mendapatkan hadiah. Tim ini langsung pun merencanakan meet-up untuk mengatur strategi supaya bisa merangkak ke peringkat yang lebih tinggi. Belum sempat meet-up kami kembali dibuat kaget, rupanya lomba ini ditutup pada hari itu juga (13/02) di jam 23.59 WIB. 

Astagaaa, ternyata kami daftar di 1 hari sebelum lomba ditutup. Peringkat 10 pun tetap kami pertahankan dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 2.000.000,-. Lumayanlah, dalam sehari dapat 2 Juta. Hahahaha.
 
Mohon maaf buat peringkat 10 sebelumnya yang kami gusur sehari sebelum lomba ditutup. Hihihihi.

Pembagian Hadiah Menurut Kontribusi Artikel
We-Media Membuat Kami Menjadi Rajin dan Rutin Menulis
Lomba selesai, kamipun melanjutkan kembali rutinitas masing-masing sebagai newbie di UC News. Pertanyaan demi pertanyaan timbul dibenak kami. Apakah ini real? Apakah sudah ada yang pernah merasakan uangnya masuk ke rekening? Saya hanya berpikir positif, We-Media membuat saya untuk rajin dan rutin menulis. Viewer artikel di blog saya pun melonjak gara-gara We-Media. Jadi, jika akhirnya dollar tersebut hanya fatamorgana, sudah ada beberapa nilai positif yang saya dapatkan dalam 2 minggu ini. Dengan pikiran positif tersebut, saya tetap melanjutkan perjalanan di minggu ke-3.

Di minggu ketiga, penghasilan saya menurun dari minggu kedua namun diatas minggu pertama. Saya mendapatkan $57,69 dengan total saldo $180,98 ($3 didapat dari hadiah undangan). We-Media memberikan syarat penarikan per bulan, yaitu bisa dilakukan di tanggal 26-28 dan minimal saldo $50 untuk penarikan melalui payoneer dan $100 untuk rekening bank (selengkapnya bisa dibaca di dashboard masing-masing).

Melakukan Penarikan (Pay Out) $180 Pertama
Tanggal 27 Februari saya melakukan penarikan pertama. Dari 7 anggota grup kami, hanya 2 orang yang bisa melakukan penarikan. Sisanya, masih di bawah $100 dan harus banyak bersabar karena ini ujian. Hahaha.


Belum lewat sehari merasakan saldo kembali $0 (ada sisa $1,5 dari hadiah undangan), saldo saya terisi lagi menjadi $79,5. Ini adalah efek dari lomba menulis artikel sepakbola yang diadakan We-Media di minggu itu. Meskipun artikel saya tidak ada yang menang, efek dari lomba tersebut berdampak besar untuk penghasilan mingguan saya. Lagi-lagi ada hikmah dibalik ujian ini. Haha!

We-Media Melakukan Maintenance
Minggu berikutnya, sepertinya ini ujian untuk semua penulis. We-Media melakukan maintenance yang berakibat artikel kami sepi pembaca. Merosot drastis sehingga penghasilan pun hanya satuan dollar. Beberapa anggota sempat drop dan ingin pensiun dini dari UC News. Saya tetap bersabar menunggu ujian ini berakhir. Saya berharap ini hanya mid semester sehingga masih bisa remidial. Hihihi.

$180 Akhirnya Masuk ke Rekening
Sedang asyik berbincang dengan teman-teman di grup UC News Pontianak perihal maintenance dan pensiun dini, tepatnya pada tanggal 9 Maret 2017, pukul 17.27 WIB saya menerima SMS Banking BNI, ada laporan saldo masuk sebesar Rp 2.382.602. Wah, apakah ini dari We-Media? Saya sih yakin ini dari hasil PO kemarin karena nilainya ganjil dan angkanya sesuai dengan $180,98 jika dirupiahkan (ada sedikit potongan). Masih penasaran, saat itu saya mengecek nilai dollar dan dikalikan dengan angka PO tersebut.

Perhitungannya:
Rp 13.240 x 180,98 = Rp 2.396.175. Hanya ada selisih belasan ribu, pastinya ini biaya administrasi bank.

Saat ini saya sudah membuktikan bahwa We-Media benar-benar membayar kita. Hanya dalam waktu 3 minggu, saya bisa mengumpulkan $180. Dollar tersebut bukanlah fatamorgana atau keisengan dari inspect element. Hingga tulisan ini diturunkan, $100 lebih sudah kembali siap dicairkan pada tanggal 26 Maret bulan ini.

Terlibat dalam Memberikan Konten Terbaik untuk Pembaca

We-media juga sudah kembali normal. Perbaikan demi perbaikan dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada kita semua. Mereka pun semakin ketat dalam memberantas artikel-artikel yang tidak berkualitas, hoax dan konten-konten fulgar. Segala plagiator juga sedikit demi sedikit dibasmi untuk kenyamanan kontributor dan pembaca UC News. Kami juga ikut dilibatkan untuk memberantas itu semua. Semoga We-Media semakin baik dan terus melahirkan penulis-penulis berkualitas!

Saya akan terus berusaha memberikan artikel yang bermanfaat bagi pembaca di UC News. Mari bergerak bersama!

Jika Anda berminat untuk mencoba mencari dollar pada UC News, Anda bisa baca artikel saya sebelumnya di bawah ini:

Kesimpulan: Mencari uang di dunia blog bukan hanya melalui adsense, masih banyak cara yang bisa kamu lakukan. UC We-Media adalah salah satu cara saya mencari uang sebagai blogger. Kerjakan hal yang menurut kamu sesuai dengan kemampuan. Jangan pernah "menggarap" semua hanya karena ingin cepat kaya. Pilih yang benar-benar bisa membuat kamu nyaman tanpa memaksakan diri hanya karena obsesi dan emosi.
Note: Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan bukti kebenaran dari apa yang saya rasakan di We-Media, tidak sedikitpun berniat untuk memamerkan nilai yang saya dapatkan. Semoga kita semua dijauhkan dari sifat-sifat yang tidak terpuji. Aamiin.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com